FAKTOR RISIKO KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL

Authors

  • Raihana Norfitri Stikes Intan Martapura
  • Rusdiana Rusdiana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura

DOI:

https://doi.org/10.54004/jikis.v11i1.107

Keywords:

anemia, ibu hamil, kepatuhan konsumsi, tablet Fe

Abstract

Pendahuluan: Anemia selama kehamilan merupakan masalah kesehatan bagi ibu hamil. Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil yaitu usia, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, paritas, kunjungan ANC, kepatuhan konsumsi tablet Fe. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko kejadian anemia pada ibu hamil. Metode: Jenis penelitian ini adalah kolerasi analitik. Populasi penelitian ini ibu hamil sebanyak 125 dengan sample 100 responden yang terdiri dari 50 ibu hamil tidak anemia dan 50 ibu hamil yg mengalami anemia. Pengambilan sample dengan cara quota sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data secara univariat, bivariat (uji spearman) dan multivariat dangan menggunakan uji regresi logistik. Hasil : Terdapat hubungan signifikan dengan anemia pada ibu hamil dipuskesmas martaputa 1 yaitu Usia Ibu Hamil (p=0,006 <0,05) dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe (p=0,000 <0,05). Tidak berhubungan signifikan dengan anemia pada ibu hamil dipuskesmas martapura 1 yaitu Tingkat Pendidikan, Tingkat Ekonumi, Paritas, Kunjungan ANC. Kepatuhan konsumsi tablet fe memiliki hubungan yang signifikan atau paling dominan berpengaruh dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas martapura 1 dengan nilai p=0,002 (<0,05)   Kesimpulan : usia dan kepatuhan konsumsi tablet Fe sangat dominan berpengaruh pada anemia ibu hamil. Saran : Meningkatkan pengetahuan responden tentang kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe.

References

Adawiyah,(2021). Hubungan Paritas Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Dipuskesmas Trauma Center Samarinda. BSR Borneo Student Research, 1553.

Amini,Pamungkas.(2018). Umur Ibu Dan Paritas Sebagai Faktor Resiko Yang Memepengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Ampena. MidwiFery Journal.

Dina Dewi Anggraini, W. P. (2018). Interaksi Ibu Hamil Dengan Tenaga Kesehatan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Ibu Mengkonsumsi Tablet Besi Dan Anemia Dipeskesmas Kota Wilayah Selatan Kota Kediri. vol 21 no 2 2018, p. 82.

Djaiman, A. (2020). Pengaruh Anemia Ibu Hamil Terhadap Berat Bayi Lahir Rendah. Jurnal Kesehatan Reproduksi.

Edison. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Jurnal JKFT.

Fuzi, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Puskesmas Tegal Gundil Tahun 2020. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehtan Masyarakat.

Kemenkes. (2014). Buku Ajar Kesehatan Ibu Dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes.(2015). Pedoman Penatalaksanaan Pemberian Tablet Tambah Darah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Khatimah, k. (2022). Hubungan Faktor Resiko Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester Ketiga. UMI Medical journal.

Mutia, K. (2022). Faktor Faktor Yang Memepengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Tengerang Selatan. Jurnal Kesehatan, 56.

Neneng, N. (2021). Faktor Yang Memepengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Diwilayah Kerja Puskesmas Lembursitu Kota Sukabumi. Jurbal Kesehatan Masyarakat Pekotaan.

Neshy Sulung, N. F. (2022). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Journal Of Telenursing.

Rahma, p. (2021). Faktor Risiko Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru. Jurnal Bidan Komunitas.

Published

2023-07-11

How to Cite

Norfitri, R., & Rusdiana, R. (2023). FAKTOR RISIKO KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 11(1), 25-30. https://doi.org/10.54004/jikis.v11i1.107

Most read articles by the same author(s)